Rabu, 23 April 2014 - 08:42:38 WIB
Pelaporan Absensi dengan SMS Gate Way
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Informasi Sekolah - Dibaca: 650019 kali

Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid (SMP NJ) mempunyai cara kreatif dan inovatif dalam meningkatkan prestasi siswa. Yaitu peggunaan aplikasi short message service gateway (sms gateway) oleh pihak SMP NJ, untuk mempermudah wali murid dalam mengamati perkembangan putra-putrinya.

Menurut Ahmad Jazim informasi yang disampaikan kepada wali murid dilakukan setiap hari kamis malam jumat. Pertama, pengumpulan absensi yang dilakukan oleh bagian kedisiplinan sekolah. Kedua, absensi yang terkumpul itu kemudian diserahkan kepada operator sms gateway. Sentuhan akhir pihak operator kemudian mengirim data kepada wali murid dengan format: SMS SMPNJ: putra/i bpk RIZMATIN HAMIDAH kls (VIII J) bln Maret minggu ke 02 Ijin: 0 Skt: 0 Absen: 0, wali kls: Lilian Jumata, notelp: 085234912***.

Setiap wali murid yang menyerahkan nomor telepon kepada pihak SMP NJ, akan selalu mendapat sms gateway tersebut. “Nah, pada saat itu, wali murid akan menerima pesan dari kami tentang absensi putra-putri mereka, jika mereka ingin konfirmasi terkait data tersebut bisa langsung menghubungi nomer handphone wali kelas putra-putri yang bersangkutan yang tertera di bawah pesan tersebut,” lanjut Jazim salah satu operator sms gateway.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, tidak dipungkiri banyak wali murid yang datang dari luar Kabupaten Probolinggo, bahkan dari luar Pulau Jawa. Dengan adanya sms gateway bentang jarak tidak jadi persoalan. Para wali santri yang mempunyai anak didik di SMP NJ bisa ikut andil dalam meningkatkan prestasi murid dalam kegiatan belajar mengajar.

Menurut Muhammad Nasir, salah satu wali murid asal Kendari Sulawesi Tenggara mengatakan bahwa, ini (program) sangat bagus. “Dengan bantuan aplikasi tersebut, saya bisa memantau dan mendapatkan informasi mengenai anak saya di sekolah. Saat dihubungi via handphone,” lanjutnya.

Bahkan, Menurut H Sullan, wali murid asal Denpasar Bali, ketika seandainya anaknya ketahuan dalam seminggu tersebut absen, ia bisa langsung menghubungi wali kelas sang anak. “Saya juga bisa ikut memantau anak saya, jika sewaktu-waktu ketahuan tidak sekolah. Aplikasi sms gateway sangat positif untuk mengetahui tingkat absensi murid,” lanjutnya saat dihubungin kru ALFIKR Online.

Aplikasi sms gateway dirilis pada 11 januari 2014 lalu. Bertepatan dengan rapat wali murid SMP NJ. Menurut Kepala Sekolah SMP NJ Ustad Faizin Syamwiel mengatakan, aplikasi tersebut mendapat respon yang sangat positif dari semua wali murid. “Bahkan, ada dari wali murid yang meminta kepada wali kelas, supaya informasi itu tidak hanya terkait kehadiran saja, tetapi informasi keuangan anak pun juga dimasukkan dalam sms gateway,” katanya.

Ustad Faizin menambahkan, penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada wali murid dalam kurun waktu satu kali dalam seminggu. Informasi tentang perkembangan anak didik di bidang keaktifan dalam mengikuti kegiatan Belajar mengajar (KBM), terutama frekuensi kehadiran (alpa, sakit dan izin). “Sehingga wali murid di setiap jum’at akan mendapatkan informasi tentang perkembangan anak,” lanjutnya.

Bahkan, sambutan positif yang disampaikan oleh sebagian wali santri setiap kali mendapat sms gateway dari pihak SMP NJ, dengan mengirim pulsa kepada wali kelas sang murid. “Padahal program ini yang mengoperasikan dari pihak sekolah. Nomor telepon wali kelas dicantumkan agar wali santri bisa langsung menghubungi, jika ada pertanyaan terkait dengan perkembangan sang anak,” tutur Ustad Faizin sambil tersenyum.

Namun, usaha tersebut juga mengalami kendala. Menurut Ustad Faizin, kadang-kadang terjadi trouble. “Walaupun demikian hal tersebut bukan menjadi masalah serius. Kami tetap memberikan informasi. Karena program ini bisa meminimalisir pelanggaran-pelanggaran. Saya berharap program sms gateway ini tidak hanya digunakan oleh SMP NJ saja, tetapi juga dapat diterapkan oleh pesantren,” harapnya.




    0 Komentar :